Big Bang (grup musik)

Big Bang (grup musik)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Big Bang
빅뱅

Big Bang dengan LG Optimus One, pada November 2010.
Daro kiri ke kanan: Seungri, G-Dragon, Taeyang, T.O.P, Daesung
Latar belakang
Asal Korea Selatan
Genre K-pop, rap, R&B, hip hop, electropop, electro hop, dance-pop
Aktif 2006–sekarang
Label YG Entertainment
(Korea Selatan)
Universal Music Japan, Avex/YGEX
(Jepang)
Warner Taiwan
(Taiwan)
United Asia Management[1]
Artis terkait GD & TOP, YG Family
Anggota
G-Dragon
Taeyang
T.O.P.
Daesung
Seungri
Big Bang (grup musik)
Hangeul 빅뱅
Alih Aksara yang Disempurnakan Bik Baeng
McCune–Reischauer Pik Paeng
Artikel ini memuat Teks Korea. Tanpa dukungan multibahasa, Anda mungkin akan melihat tanda tanya, tanda kotak, atau karakter lain selain dari Hangul atau Hanja.
Big Bang adalah boy band popular asal Korea Selatan yang dibentuk oleh CEO Yang Hyun Seok dari YG Entertainment pada tahun 2006 . Bigbang dianggap sebagai salah satu boyband Korea Selatan paling sukses di dalam ataupun di luar Asia. Kelompok ini terdiri dari pemimpin G-Dragon, TOP, Taeyang, Daesung dan Seungri.
Bigbang merupakan salah satu dari boyband paling sukses di Asia yang di juluki "Revolutionary Group of Hallyu Wave" dan "South Korea's Most Wanted" Karena keunikan-original musik dan gaya fashion mereka jika dibandingkan dengan boyband atau girlband lainnya. Mereka juga telah menjadi pemimpin "Hallyu wave" karena popularitas mereka, kesuksesan dan membawa pengaruh di seluruh dunia.
Sejak mereka debut 19 Agustus 2006, Bigbang telah merilis beberapa single sukses, mini album dan full album. Walaupun album pertama mereka,BigBang Vol. 1, tidak mendapat respon penuh dari masyarakat umum karena genre yang mereka ambil Hip Hop dan R&B, walau demikian mereka berhasil meraih kesuksesesan besar dengan mini album mereka, Always, rilis pada 2007, hampir satahun setelah mereka debut. Mini album ini meraih peringkat pertama dengan single "Lies", yang tinggal di tempat teratas di berbagai tangga musik selama tujuh minggu berturut-turut. Sejak ketenaran Seo Taiji and Boys, Bigbang merupakan rookie pertama yang ditempatkan sebagai no. 1 untuk jangka waktu selama sebulan. Di tahun yang sama bigbang menerima "Best Male Group" dan "Song of the Year" awards untuk Lies pada tahun 2007 Mnet Asian Music Awards.
Mini album selanjutnya Hot Issue dan Stand Up, juga memiliki kesuksesan yang sama , Menempati peringkat No. 1 Haru Haru dan Last Farewell. Setelah itu mereka mendapat penghargaan "Artist of the Year" pada tahun 2008 Mnet Asian Music Awards dan "Seoul Gayo Daesang" pada Seoul Music Awards 2008, Bigbang memperluas popularitas mereka di Jepang dengan merilis beberapa mini album dan singles, tetapi mereka tidak melakukan promosi besar-besaran sampai mereka merilis single jepang mereka My Heaven. Sejak itulah, grup ini mencapai kesuksesan besar dan popularitas di dunia. Mereka juga menjadi Grup asing pertama yang meraih penghargaan "Best Newcomer" dari Japan Cable Broadcasting Station.
Dalam beberapa tahun terakhir Bigbang juga melakukan aktivitas solo, Taeyang dan G-dragon telah merilis full album mereka, dan sisanya mulai mengadu akting mereka di drama, film, drama musikal dan ikut berpartisipasi di berbagai variety programs.
Setelah 2 tahun absen, mereka kembali dengan mini album Tonight, berhasil mewakili khawasan Asia-Pacific dan berhasil sebagai pemenang perdana "Best Worldwide Act" pada 2011 MTV Europe Music Awards yang diselenggarakan di Belfast, Northern Ireland.. Di sana selain Queen, Bigbang merupakan pemenang yang bukan berasal dari Amerika utara dan musisi pertama yang mendapatkan penghargaan ini.
Penggemar bigbang dikenal dengan nama "VIP"dan official Lightstik mereka berbentuk mahkota berwarna kuning

Daftar isi

Perjalanan karier

Pendirian: 2005-2006

Sebelum meluncurkan karier mereka dengan perusahaan rekaman besar, masing-masing anggota Big Bang sudah tidak asing lagi dengan dunia hiburan. G-Dragon, sang pemimpin, dan Tae Yang telah menjadi anggota YG Entertainment sejak mereka berusia 12 tahun. Keduanya dikenal sebagai "GDYB" yang merupakan singkatan nama mereka berdua 'GD dari G-Dragon dan YB' dari Young Bae (nama panggung di Big Bang: Tae Yang). Anggota bernama T.O.P dikenal sebagai rapper hip hop underground, sementara Seung Ri pertama kali masuk ke dalam dunia industri hiburan ketika diikutsertakan dalam acara milik Shinhwa, "Let's Cokeplay Battle".
Setelah anggota Big Band lengkap, jaringan televisi MTV Korea membuat 10 episode dokumenter yang memuat tentang aktivitas mereka selama menjalani latihan sebelum diluncurkan sebagai boy band. Episode 6 bagian pertama merinci tentang motivasi dan latar belakang para amhhpya untuk menjadi seorang penyanyi. Dokumenter ini melukiskan proses latihan yang sangat berat seperti sesi menari dan menyanyi. Dua orang anggota, SO-1 dan Seung Ri telah dipertimbangkan untuk tidak diikutsertakan, tetapi mereka diberi kesempatan untuk memamerkan kebolehan mereka dalam hal menari dan menyanyi. Namun Yang Hyun Suk (CEO YG Entertainment) akhirnya mengeluarkan SO-1 karena ia dianggap "terlalu malu-malu". Sementara itu, Seung Ri membuat Yang Hyun Suk terkesan dengan ketrampilan menyanyi dan menari yang dimilikinya, dan dipilih sebagai anggota Big Bang. Video dokumenter ini dibuat untuk mengenang masa paling berat para personel Big Bang sebelum menjadi bintang di industri hiburan Korea.
Ketika banyak boy band yang memiliki tipe penyanyi yang imut, produser YG Entertainment ingin memudarkan citra imut, dan membuat sebuah boy band yang benar-benar bisa bernyanyi. Sebelum melakukan debutnya sebagai Big Bang, para personelnya pernah mengusulkan beberapa nama seperti Apex, Stump, dan Diamond. Yang Hyun Suk, produser dan pendiri YG Entertainment menganggap nama-nama yang diusulkan mereka terlalu kekanak-kanakan, dan menetapkan nama baru, yakni "Big Bang".[9]

Penampilan pertama: 2006

Big Bang secara resmi melakukan penampilan pertama mereka di konser YG Family, 19 Agustus 2006 di Gymnastics Arena, Taman Olimpiade Seoul. Pada mulanya Big Bang beranggotakan 6 orang, namun salah seorang personel telah gugur (dalam video dokumenter Big Bang episode 9) dan tidak diikutsertakan.
Sebelum merilis album pertama mereka, Big Bang merilis 3 EP secara berturut-turut dalam beberapa bulan. Mereka merilis EP pertama, The First Single (29 Agustus 2006) yang menghasilkan singel hit, "This Love". Lagu "This Love" merupakan pembuatan ulang dari lagu "This Love" milik boy band Amerika Maroon 5. Singel "This Love" laris terjual 17 ribu kopi di bulan Agustus 2006 dan selanjutnya masih laku kira-kira sebanyak 40 ribu kopi.[11] Big Bang merilis EP kedua, "Big Bang Is VIP", sebulan kemudian pada 28 September 2006, dan terjual sebanyak 21 ribu kopi dalam tempo 1 bulan.Pada akhirnya "Big Bang Is VIP" mampu terjual sebanyak 32.000 kopi. Pada 22 November 2006, mereka merilis EP ketiga bertajuk            B I G B A N G 0 3, dan sukses terjual hampir 30 ribu kopi.
Masih pada tahun yang sama, klub penggemar Big Bang didirikan dengan nama "V.I.P." (nama yang diambil dari judul singel kedua mereka, "Big Bang Is VIP"). Berbeda dengan klub penggemar yang lain, penggemar Big Bang tidak mempunyai warna balon khusus untuk memperlihatkan dukungan mereka pada Big Bang. Sebagai pengganti balon, mereka melambaikan saputangan atau bandana berwarna hitam dan putih yang merupakan warna Big Bang.
Pada akhir Desember 2006, Big Bang menggelar konser pertama berjudul "The Real". Pada bulan berikutnya mereka merilis album perdana Since 2007 yang berisi kompilasi singel-singel yang beredar sebelumnya. Album perdana Big Bang terjual sebanyak 48.009 kopi hingga akhir Februari 2007.

Puncak kesuksesan: 2007-2008

Big Bang di MTV Fast Forward, Thailand, Desember 2007
Pada 8 Februari 2007, Big Bang merilis album konser berjudul The First / Real Life Concert yang terjual hampir 30 ribu kopi hingga akhir 2007. Dari Mei sampai Juli 2007, Big Bang menggelar tur keliling Korea pertama mereka yang diberi nama, "With You". Konser diadakan di 5 kota besar: Incheon, Daegu, Changwon, Jeonju, dan Busan.
Pada Agustus 2007, Big Bang merilis Always sebagai album mini perdana mereka, diikuti dengan promosi dan temu penggemar. Pemimpin grup G-Dragon mulai memproduksi dan menulis beberapa lagu untuk album Always. Album ini mendapat sambutan baik dari para penggemar dan kritikus musik, terutama lagu berjudul "거짓말" ("Lies"). "Lies" menjadi lagu pertama dari Big Bang yang menjadi hit luar biasa. Di acara SBS Hit Songs, "Lies" menempati urutan pertama pada 27 September 2007. Lagu ini juga menduduki peringkat pertama dalam MBC's Music Core, KBS Music Bank, dan Mnet Countdown, serta sejumlah tangga lagu daring dan untuk beberapa minggu berturut-turut.
Big Bang mendapatkan sejumlah penghargaan pada akhir tahun 2007, termasuk Grup Pria Terbaik dan Lagu Terbaik dalam acara Festival Musik M.NET/KM 2007. Pada tahun 2008, Big Bang meraih Penghargaan "Daesang" (Artis Terbaik) dari 17th Seoul Music Awards.
Album mini kedua, Hot Issue dirilis beberapa bulan setelah Always, dan menghasilkan singel hit mereka yang berikutnya, "Last Farewell" ("마지막 인사"). Seperti album mini sebelumnya, "Last Farewell" juga menempati peringkat atas berbagai tangga album. Dari Cyworld, Last Farewell memenangi penghargaan Song of the Month Digital Music Award, dan berada di peringkat atas tangga album Juke-On selama 8 minggu berturut-turut.
Konser keliling kedua mereka, Big Bang Is Great berlangsung dari 28 Desember hingga 30 Desember 2008. Tiket habis terjual dalam 10 menit.Akibat terlalu lelah dan cedera dalam konser, anggota Big Bang sampai harus masuk rumah sakit, dan kegiatan promosi mereka menjadi tertunda. Walaupun demikian, album dan singel Big Bang terus laris sehingga harus dicetak ulang.

Peluncuran karier di luar Korea

Setelah sukses di dalam negeri, Big Bang mempersiapkan peluncuran karier mereka di Jepang. Album bahasa Jepang pertama dari Big Bang, For the World dirilis tahun 2008. Album tersebut berisi lagu-lagu Korea dalam versi B.Inggris, dan hanya satu lagu berbahasa Jepang, "How Gee" (remix versi baru dari "How Gee" yang pernah dibawakan grup Jepang Black Machine). Album perdana mereka di Jepang sampai di peringkat 14 tangga lagu Oricon, dan terhenti di urutan ke-10 akibat kurang promosi  Pada 28-29 Maret 2008, Big Bang mengadakan konser di JCB Hall, Tokyo Dome City. Selain itu, mereka juga merilis album mini di Jepang pada akhir Mei dengan judul With U.
Setelah usaha mereka di Jepang berakhir, Big Bang kembali ke Korea pada pertengahan 2008. Sesudah tertunda beberapa kali akibat kegiatan solo personel Big Bang, mereka merilis album mini ke-3, Stand Up. Dalam album mini tersebut, Big Bang berkolaborasi dengan grup Daishi Dance. Bersama grup rock Korea No Brain, mereka menghasilkan lagu berirama punk rock, "Oh My Friend". Dari album mini tersebut dikeluarkan singel Day By Day (하루하루). Seperti album-album sebelumnya, G-Dragon sangat terlibat dalam proses produksi Stand Up. Semua lagu di dalam album tersebut merupakan ciptaan G-Dragon, kecuali "A Good Man" yang diciptakan T.O.P.. Album mini Stand Up laris melampaui 100.000 kopi, sementara singel "Day By Day" menempati urutan teratas tangga-tangga lagu Korea Selatan selama 6 minggu berturut-turut.
Pada saat yang hampir bersamaan, Big Bang merilis lagu berbahasa Jepang, "Number 1" dari album berjudul sama, Number 1, dan memperkenalkan lagu mereka di berbagai acara radio dan televisi di Jepang. Menjelang penutupan tahun 2008, Big Bang merilis album Korea, Remember yang menghasilkan singel 붉은노을 ("Sunset Glow").

Perluasan karier: 2009

Big Bang beristirahat sementara pada awal 2009 untuk memberi kesempatan anggotanya melakukan karier solo. Mereka memproduksi lagu "Lollipop" bersama grup anak perempuan 2NE1 yang baru didirikan, dan tampil bersama dalam video musik untuk keperluan promosi.
Setelah sukses dengan "Lollipop", Big Bang merilis singel Jepang berjudul "My Heaven" pada bulan Mei 2009. Lagu ini merupakan terjemahan bahasa Jepang dari lagu "Heaven" yang berasal dari EP Stand Up . Selain itu juga ada Let Me Hear Your Voice atau dalam bahasa Jepang adalah Koe Wo Kikasete , yang dinyanyikan dalam bahasa Jepang dan Inggris .

Aktivitas Solo dan Subgrup

Para personel Big Bang melakukan beragam aktivitas solo. Taeyang menjadi personel pertama yang meluncurkan album solo, yaitu Hot . Pada Juni 2010, Taeyang meluncurkan album keduanya yang berjudul SOLAR [1] . Bertepatan pada ulang tahunnya, 18 Agustus 2009, G-Dragon merilis album pertamanya Heartbreaker , dan berhasil menjadi album terlaris ketujuh versi Tower Records Top KPOP Albums of 2010 . Sementara itu, Daesung menjadi cast tetap pada variety show Family Outing di stasiun SBS TV. Setelah masa tayangnya usai, Daesung menjadi salah satu MC pada acara Night After Night di stasiun TV yang sama.
Personel paling tua, T.O.P, memfokuskan diri pada kegiatan akting. Dia bergabung bersama Lee Byung-hun dan Kim Tae-hee pada serial televisi Iris, berperan sebagai pembunuh berdarah dingin bernama Vick . Ini bukan kali pertama T.O.P berakting di layar kaca. Sebelumnya, T.O.P pernah berperan sebagai Chae Moon-sik di serial TV berjudul I'm Sam pada 2007. T.O.P juga meluncurkan singel digital solo yang berjudul Turn It Up pada Juni 2010 . Dia kemudian bergabung dengan rekan segrupnya, G-Dragon, dan membentuk Subgrup GD&TOP yang meluncurkan album mereka pada Desember 2010  . Member paling muda, Seungri, meluncurkan album mininya pada 20 Januari 2011 yang diberi judul "VVIP"

Kembali dengan "TONIGHT" dan MTV EMA

Setelah 2 tahun 3 bulan bigbang kembali menjadi satu grup. Bigbang kembali ke Korea melalui konser Bigshow 2011Mereka juga mengeluarkan mini album Tonight,[ which went on to become a chart-topper upon its release on many Korean music charts. album ini menduduki urutan nomor satu tangga album Korea Selatan. Album ini juga menjadi album pertama K-Pop yang menduduki TOP 10 US iTunes Chart dan album non-bahasa Inggris di Top 100. Pre order album juga mencapai 10.000 copies di Cyworld, mengalahkan record yang pernah di catat TVXQ 6,500 copies pada tahun 2008. Selain mencatat record di masa preorder, Bigbang juga "all-kill" di top real-time chart di Korea Selatan (Soribada, Melon, Dosirak, Bugs and Cyworld) beberapa saat setelah rilis. 7 hari setelah album rilis, Big Bang dilaporkan memperoleh 7 miliar (USD$6.2 juta). Dan dalam seminggu telah menjual 100.000 copies. single utama album ini pun juga menjadi chart-topper di Gaon Chart.
Setelah mengakhiri promosi "Tonight" Big Bang kembali dengan dua single "Love Song" dan "Stupid Liar", Single love song juga berada di posisi yang baik. Musik video mereka berhasil meraih 2 juta viewer dalam waktu 2 hari. grup ini juga berhasil menyelesaikan Tour jepang mereka Love & Hope Tour di bulan mei.
Di tahun 2011 mereka juga berhasil meraih penghargaan 2011 MTV EMA's "Best Worldwide Act" mewakili khawasan Asia-Pasifik dengan lebih dari 58 juta suara. Semua member hadir dalam penerimaan penghargaan ini dan membuat spesial memory karena Daesung tersandung kasus kecelakaan mobil dan G-dragon dengan scandal marijuana. Pada tanggal 29 November, Bigbang juga menerima penghargaan "Best Music Video" untuk "Love Song" di 2011 Mnet Asian Music Awards.

2012: Alive dan World Tour Pertama

Berawal dari tanggal 20 Januari YG Entertainment mulai merilis teaser untuk mini album ke-5 mereka Alive, yang di rilis pada tanggal 29 Februari. Pre order mini album Alive mencapai 260.000 Copies dalam 2 minggu. Dan single utama "BLUE" yang di rilis pada tanggal 22 Pebruari meraih "Perfect All-Kill", yang berarti menduduki peringkat pertama di semua digital chart Korea dan dalam penguduhan ringtone. Music video juga meraih 2 juta viewer di YouTube dalam waktu 24 jam. Dan ke enam track dalam album menduduki TOP 10 di berbagai chart. "Alive" juga berada di posisi 5 di US iTunes Top Albums dan no. 3 di iTunes Kanada, mengalahkan record yang pernah dicatat mereka dengan album Tonight. Album Alive versi Jepang menduduki peringkat ke-2 dengan 2 single baru "Ego" dan "Feeling"
Mengikuti perilisan album, Bigshow 2012 di selenggarakan di Olympic Gymnastics Arena pada tanggal 2-4 Maret dengan total penonton 40.000 penonton. Ini juga menjadi konser pembuka BIG BANG ALIVE TOUR dengan menggandeng Live Nation dengan melakukan tour dunia di 25 kota di 16 negara.
Secara international, Big Bang memperoleh peringkat ke-5 di Top 10 Billboard K-pop's Hot 100 dan posisi 150 di Billboard 200, membuat mereka menjadi artis Korea pertama yang menduduki posisi tersebut dengan album Korea. Baru-baru ini Big Bang juga menang di ajang MTV Italy's "2012 TRL Awards"[31] untuk nominasi "Best Fan" bersama Alessandra Amoroso, Avril Lavigne, and One Direction. G-dragon dan TOP melakukan kolaborasi dengan penyanyi asal ingris Pixie Lott - "Dancing On My Own", yang termasuk dalam album jepangnya dan akan segera rilis secara mendunia.
Di tahun ke-6, Bigbang kembali menunjukan popularitas tinggi mereka di Asia setelah di pilih menjadi Most Popular Male Singer sekali lagi. Mereka juga mendapat dukungan baru dengan menjadi model utama Jeju Airline, dimana juga akan menjadi sponsor utama ALIVE TOUR. Grup ini juga berencana merilis full album di akhir tahun, demikian juga dengan leader G-dragon yang juga di kabarkan akan merlilis solo albumnya di bulan Agustus.[32] Diperkirakan Big Bang akan memperoleh pemasukan sekitar $69 juta USD tahun ini.[33]

Anggota

Nama panggung Nama lahir Tanggal lahir
Romanisasi Lainnya Romanisasi Hangul
G-Dragon GD Kwon Ji Yong 권지용 18 Agustus 1988 (umur 24)
T.O.P Tempo Choi Seung Hyun 최승현 4 November 1987 (umur 25)
Taeyang SOL Dong Young Bae 동영배 18 Mei 1988 (umur 24)
Daesung D-Lite Kang Daesung 강대성 26 April 1989 (umur 23)
Seungri V.I. Lee Seung Hyun 이승현 12 Desember 1990 (umur 21)

Diskografi

Studio albums
Extended plays

Diskografi Jepang

Studio albums
Extended plays

Tours

YG Family concerts
  • YG Family Concert 2006 (2006)
  • YG Family Concert 2010 (2010)
  • YG Family Concert 2011 (2011)
  • YG Family Concert 2012 (2012)
Member's Solo concerts
  • Hot: Taeyang's first solo concert (2008)
  • Solar: Taeyang's second solo concert (2010)
  • Shine A Light: G-Dragon's solo concert (2009)
Big Bang's Solo concert
  • The Real (2006)
  • The Great (2007)
  • Stand Up Tour (2008)
  • Global Warning Tour (2008)
  • Big Show 2009 (2009)
  • Big Show 2010 (2010)
  • Electric Love Tour (2010)
  • Big Show 2011 (2011)
  • Love and Hope Tour (2011)
  • Big Show 2012 (2012)
  • ALIVE Tour (2012)
  • Samsung&Cola Soundfest Vietnam (2012)

Dukungan/Iklan

Big Bang di iklan LG telepon Icecream 2 dengan aktris Kim Tae-hee
Popularitas kelompok untuk semua demografi telah membuat mereka selebriti tertinggi Korea dibayar oleh endorser bersama dengan penyanyi Korea/aktor Rain, dengan harga yang diminta sebesar $1-1,5 juta USD per dukungan. Setiap anggota juga diperoleh kesepakatan dukungan mereka sendiri, G-Dragon dan TOP individual adalah berhala bayaran tertinggi di $900.000 USD, sementara Daesung didukung "Big Hit Chicken" pada jumlah yang tidak diungkapkan

Daftar dukungan/iklan

  • [2006] FILA
  • [2007] FILA
  • [2007] SK Telecom Ting
  • [2007] BB Bud's My First Fragrance
  • [2007] Skoolooks
  • [2008] FILA
  • [2008] BB Bud's My First Frangrance
  • [2008] Skoolooks
  • [2008] Baskin Robbins
  • [2008] LG CYON EDGE
  • [2008] NII
  • [2008] BHC (Daesung)
  • [2009] FILA
  • [2009] Soolooks
  • [2009] NII
  • [2009] i-Station
  • [2009] World Cup Campaign: Shouting to the World
  • [2009] LG CYON Lollipop, Ice Cream, Crystal
  • [2009] 2% Water
  • [2009] Hite Beer
  • [2009] Maeil Caffé Latte
  • [2009] Lotte Duty Free
  • [2009] Sudden Attack
  • [2010] Lotte Duty Free
  • [2010] Sudden Attack
  • [2010] BSX
  • [2010] LG CYON Lollipop 2
  • [2010] Eversense
  • [2010] B-School
  • [2010] Marvelous Cream Japan
  • [2011] Lotte Duty Free
  • [2011] Sudden Attack
  • [2011] LG Optimums Big
  • [2011] North Face
  • [2011] Soul by Ludacris
  • [2011] Nikon
  • [2011] CJ CF
  • [2011] MCM (GD&TOP)
  • [2011] Sunny 10 Sparkling Aid (GD&TOP)
  • [2011] G-Market (G-Dragon)
  • [2011] Bean Pole (G-Dragon)
  • [2012] Sudden Attack
  • [2012] G-Market
  • [2012] Sunny 10 Sparkling Aid
  • [2012] Naver Music
  • [2012] Yamaha TTX Thailand
  • [2012] Jeju Airlines
  • [2012] Calvin Klein (T.O.P)
  • [2012] FUBU (T.O.P)

Penghargaan

Korea

Cyworld Digital Music Awards

Tahun Nominasi Penghargaan Hasil
2006
Rookie of the Month (October) Menang
2007 "Lies" Song of the Month (August & October) Menang
"Last Farewell" Song of the Month (December) Menang
2008 "Haru Haru" Song of the Month (August) Menang
"Sunset Glow" Song of the Month (November) Menang
2009
Bonsang Menang
"Lollipop" (with 2NE1) Song of the Month (April) Menang

Golden Disk Awards

Tahun Nominasi Penghargaan Hasil
2007
Bonsang Menang
2008
Bonsang Menang

Mnet Asian Music Awards

Tahun Nominasi Penghargaan Hasil
2007
Best Male Group Menang
"Lies" Best Hip-Hop Song Nominasi
"Lies" Song of the Year Menang

Artist of the Year Nominasi
2008
Best Male Group Menang
"Haru Haru" Best Digital Single Menang
"Haru Haru" Best House and Electronic Song Nominasi
"Haru Haru" Mnet Music Portal Award Menang
"Haru Haru" Mobile Popularity Award Nominasi
"Haru Haru" Netizen Popularity Award Nominasi
"Haru Haru" Auction Best Style Award Nominasi
Remember Album of the Year Nominasi
"Haru Haru" Song of the Year Nominasi

Artist of the Year Menang
2011
Best Male Group Nominasi
"Love Song" Best Music Video Menang
"Tonight" Best Dance Performance Nominasi
"Tonight" Song of the Year Nominasi
"Tonight" Album of the Year Nominasi

Artist of the Year Nominasi

Mnet 20's Choice Awards

Tahun Nominasi Penghargaan Hasil
2008
Hot Trend Musician Menang
2009 "Lollipop" Hot CF Star (with 2NE1) Menang
2011
Hot Trend Musician Nominasi

Melon Music Awards

Tahun Nominasi Penghargaan Hasil
2011
Top 10 Artist (Bonsang) Menang

SBS MTV Best of the Best Awards

Tahun Nominasi Penghargaan Hasil
2011 Big Bang vs Super Junior Top Rival Award Menang

Global Star Award Nominasi

Best Male Group Menang

Most Intellectual Idol Menang

Best Mood Maker Menang

Idol to invite to Christmas Party Menang

Seoul Music Awards

Tahun Nominasi Penghargaan Hasil
2006
Newcomer Award Menang
2008 Stand Up Best Digital Album Menang

Bonsang Menang

Daesang (Grand Award) Menang
2009
Bonsang Menang
Remember Best Album Menang

Popularity Award Menang

High One Award Menang
2012
Bonsang[ Nominasi

Popularity Award Nominasi

Gaon Chart Awards

Tahun Nominasi Penghargaan Hasil
2012
Singer of the Year (April) Menang

Jepang

Japan Record Awards

Tahun Nominasi Penghargaan Hasil
2009 Big Bang New Artist Menang
Best New Artist Menang
2010
Gold Award Menang

Japan Gold Disc Award

Tahun Nominasi Penghargaan Hasil
2010
Best 5 New Artists Menang

Best New Artist Menang

MTV Video Music Awards Japan

Tahun Nominasi Penghargaan Hasil
2010 "Gara Gara Go!!" Best New Artist Video Menang
"Koe o Kikasete" Best Pop Video Menang

Internasional

MTV Europe Music Awards

Tahun Nominasi Penghargaan Hasil
2011 Big Bang Best Worldwide Act Menang
Best Asia and Pacific Act Menang

MTV Italy TRL Awards

Tahun Nominasi Penghargaan Hasil
2012 Big Bang Best Fan Award Menang

MYX Music Award (Philippines)

Tahun Nominasi Penghargaan Hasil
2012 "Tonight" Favorite K-Pop Video Nominasi

Penghargaan lainnya

Tahun Penghargaan
2007
  • 8th MBC Korean Visual Arts Festival: Male Singer Photogenic Award
2008
  • 2008 Nickelodeon Korea Kids Choice Awards: Best Male Singer
  • 35th Korea Broadcast Award: Newcomer Award
2009
  • 21st Korea PD Awards: Best Singer Award
  • 2009 Nickelodeon Korea Kids' Choice Awards: Best Male Artists
  • 2009 Best Hits Song Festival : Gold Artist Award
  • 42nd Japan Cable Broadcasting Award: Best Newcomer Award
  • Ministry of Culture, Sports and Tourism: Artist of the Year
2010
  • United Nation Asia Pacific Global Tolerance with Music 2010: Global Unity Award
  • Japanese Grand Prix du Disque: Best Newcomer
  • Space Shower Music Video Awards: Best Choreography Video
2011
  • 2011 Singapore Entertainment Awards (SEA): Most Popular Korean Artiste

Kemenangan pada Program Musik

Big Bang Saat ini memegang record Most Music Show Awards Won sejak music shows' di populerkan pada tahun 1998.
Bersama Group telah meraih 56 kemenangan, dengan penggabungan total termasuk aktivitas solo: Taeyang (12), Seungri (11), G-Dragon (11), GD&TOP (3), total menjadi 93 awards.

Music Bank

Tahun Tanggal Lagu
2007 September 7 Lies
October 5
October 19
December 14 Last Farewell
December 21
2008 January 11 Last Farewell
August 22 Haru Haru
September 5
September 12
September 19
September 26
November 21 Sunset Glow
November 28
December 16
2011 March 4 Tonight
March 11
September 17
April 22 Love Song
2012 March 9 Blue
March 16

Inkigayo

Tahun Tanggal Lagu
2007 September 9 Lies
December 16 Last Farewell
December 16
2008 January 13 Last Farewell
August 24 Haru Haru
August 31
September 7
November 30 Sunset Glow
December 7
December 14
2011 March 6 Tonight
March 13
March 20
April 17 Love Song
April 24
May 1
2012 March 11 Blue
March 18
March 25

M! Countdown

Tahun Tanggal Lagu
2007 September 27 Lies
August 25
2008 January 17 Last Farewell
August 28 Haru Haru
September 4
September 11
September 25
December 4 Sunset Glow
2011 March 13 Tonight
March 20
March 27
April 28 Love Song
2012 March 8 Blue
March 15 Fantastic Baby
March 23

Music on Top

Tahun Tanggal Lagu
2012 March 14 Blue

Referensi

  1. ^ (Korea) Lee, Jung Hyung (2011-04-08). " 키이스트, SM, YG, JYP 등 6개사 아시아 매니지먼트 에이전시 'UAM' 설립! (KeyEast, SM, YG, JYP & more join forces to establish a new global agency, "United Asia Management")". Naver.com. Diakses pada 8 April 2011.
  2. ^ Catherine Deen (2012-03-12). "K-Pop royalty Big Bang speaks to fans with ‘Fantastic Baby’". Yahoo!. Diakses pada 12 Maret 2012.
  3. ^ MTV EMA (2011-06-11). "BIGBANG". MTV EMA. Diakses pada 11 Juni 2011.
  4. ^ http://www.allkpop.com/2012/03/time-magazine-makes-another-mention-of-big-bangM
  5. ^ Han, Sang-hee (2008-01-03). "Big Bang Will Knock on Japan". The Korea Times. Diakses pada 27 Januari 2008.
  6. ^ "MTV EMA 2001 Winners". Diakses pada 7 November 2011.
  7. ^ http://www.allkpop.com/2010/01/big-bang-misses-their-korean-fans
  8. ^ http://www.allkpop.com/2012/03/2am-reveals-their-official-fanlight
  9. ^ a b c Han, Sang-hee, "YG Bounce — Big Bang ", YG Entertainment, 3 Januari 2008. Diakses pada 16 Februari 2008.
  10. ^ "Album Sales For The Month Of August 2006 ", Recording Industry Association Of Korea. Diakses pada 15 Februari 2008.
  11. ^ a b c d "Album Sales For The Month of February 2007 ", Industry Association Of Korea. Diakses pada 15 Februari 2008.
  12. ^ "Album Sales For The Month Of September 2006 ", Recording Industry Association Of Korea. Diakses pada 15 Februari 2008.
  13. ^ "2007 Year-end Album Sales ", Recording Industry Association Korea. Diakses pada 27 Januari 2008.
  14. ^ Arirang TV. On Location: Big Bang's Showcase & First Fan Meeting. URL Diakses 21 Februari 2008.
  15. ^ (Korea)Nate.com News. 빅 뱅 '올해의 노래'-슈주 '올해의 가수'...MKMF '아이돌 천하'(종합) ("Big Bang 'Song of the Year', Super Junior 'Artist of the Year', MKMF 'Idol Reign' (Updated)"). 17 November 2007. URL diakses 21 Februari 2008.
  16. ^ "Big Bang Wins Pop Music Award ", KBS GLOBAL, 21 Januari 2008. Diakses pada 1 Februari 2008.
  17. ^ "빅뱅 쥬크온차트 8주 연속 1위 기염, JOO도 2주만에 7위 진입 ", Newsen, 21 Januari 2008. Diakses pada 1 Februari 2008.
  18. ^ "빅뱅, 단독콘서트 티켓 또 10분 만에 매진 ", YTNStar, 20 November 2007. Diakses pada 21 Februari 2008.
  19. ^ "빅뱅, 멤버들 줄부상에 일시 활동중단 (Big Bang, String of Member Injuries Cause Break in Schedule) ", StarNews, 31 Desember 2007. Diakses pada 20 Februari 2008.
  20. ^ "Big Bang’s Albums in Short Supply ", KBS World, 26 Desember 2007. Diakses pada 1 Februari 2008.
  21. ^ "Big Bang, putting their name up on 'Oricon Chart' ", (SportsHankook), 14 Februari 2008. Diakses pada 15 Februari 2008.
  22. ^ "Big Bang's 'Day by Day' Sweeps J-POP Charts for Four Weeks ", (KBS Global), 8 September 2008. Diakses pada 23 September 2008.
  23. ^ "Big Bang Signs Modeling Contract with FILA Korea". KBS Global. 8 September 2008. Diakses pada 18 Februari 2011.
  24. ^ (Korea)Kim, Hyeong-woo. 빅뱅-2NE1 ‘롤리팝’ 엠넷차트 4주연속 1위 기염 (Big Bang-2NE1 "Lollipop" M-Net 4-Week #1). Joins.com/Newsen. April 28, 2009. Retrieved May 6, 2009.
  25. ^ Kim, Sunny (2010-12-06). "Big Bang's Concert 2011 Big Show To Be Held In February!". MTV Korea. Diakses pada 23 Februari 2011.[pranala nonaktif]
  26. ^ Lee, Soo-yeon (2011-02-26). "컴백 빅뱅, 엠넷 ‘빅뱅TV 라이브’ 전격 방송 ‘6곡 최초 공개’". Newsen. Diakses pada 27 Februari 2011.
  27. ^ Kim, Sunny (2011-02-23). "Big Bang Dominates Korean Music Chart With An All Kill". MTV Korea. Diakses pada 3 Maret 2011.
  28. ^ (Korea)Kim, Sung (2011-02-22). "빅뱅, 예약 판매 서태지 넘었다 (Big Bang sells 10,000 albums in pre-sales, doubles Seo Taiji and TVXQ’s records)". Nate. Diakses pada 3 Maret 2011.
  29. ^ "Big Bang on the Gaon Chart". Korea Music Content Industry Association. 4 Maret 2011. Diakses pada 4 Maret 2011.
  30. ^ "Bored by Cowell pop? Try K-pop". Guardian. 15 Desember 2011. Diakses pada 13 Januari 2012.
  31. ^ http://www.bigbangupdates.com/2012/03/vote-big-bang-on-mtv-italys-trl-awards.html
  32. ^ http://www.allkpop.com/2012/03/g-dragons-solo-comeback-scheduled-for-august
  33. ^ "Big Bang estimated to earn over $180,000 a day in 2012". allkpop. 10 Februari 2012.
  34. ^ http://www.dramabeans.com/2008/08/mnet-20s-choice-awards-makes-weird-choices/
  35. ^ http://www.allkpop.com/2011/07/the-hottest-stars-of-the-year-whos-leading-on-the-2011-20s-choice-awards-online-polls
  36. ^ a b c (Korea) jang, Tae-yong. 빅뱅, 서울가요대상 대상 ‘3관왕 싹쓸이’ (Big Bang is Artist of the Year at Seoul Music Awards). Korea Economic Daily. January 31, 2008. Retrieved January 13, 2010.
  37. ^ http://www.bigbangupdates.com/2011/12/big-bang-nominated-at-21st-annual-seoul.html
  38. ^ a b (Korea) "빅뱅, 51회 일본레코드상서 최우수 신인상 받아 ", Sports Chosun, 31 Desember 2009. Diakses pada 17 Januari 2010.
  39. ^ Hong, Lucia (2010-11-22). "Big Bang to receive honor at Japan Record Awards". 10Asia. Diakses pada 23 Februari 2011.
  40. ^ "Korean boom hits the Japan Record Awards with Big Bang". Japan Today. Diakses pada 23 Februari 2011.
  41. ^ "Big Bang a hot issue in Belfast" JoongAng Ilbo. 9 november 2011. Retrieved 2011-11-23
  42. ^ "닉, 어린이들이 가장 닮고 싶어하는 워너비 스타는 역시 피겨 요정 '김연아' ", Good News, 13 April 2009. Diakses pada 19 Januari 2010.
  43. ^ (Korea) "김연아-유재석-빅뱅, 어린이들이 뽑은 '베스트 스타' ", My Daily, 12 April 2009. Diakses pada 17 Januari 2010.

Pranala luar

Penghargaan dan prestasi
Didahului oleh:
Jero
Japan Record Award for Best New Artist
2009
Digantikan oleh:
S/mileage
Didahului oleh:
TVXQ
Seoul Music Awards for Daesang
2008
Digantikan oleh:
Wonder Girls
Didahului oleh:
Super Junior
M.NET KM Music Festival for Artist of the Year
2008
Digantikan oleh:
2PM
Didahului oleh:
SG Wannabe dengan Partner for Life
M.NET KM Music Festival for Song of the Year
2007, dengan Lies (거짓말)
Digantikan oleh:
Wonder Girls dengan Nobody
Didahului oleh:
__
MTV EMA World Wide Act
2011
Digantikan oleh:
incumbent

0 komentar:

About

Foto Saya
bangli, bali, Indonesia

Mau seperti ini?
Click disini---> Tutorial CBOX

Sponsore by

Blog Archive